Saturday 2 March 2013

CARA MENOLONG PENDERITA STROKE

TIPS MELAKUKAN PERTOLONGAN PADA ORANG YANG TERKENA GEJALA STROKE
 
IDENTIFIKASI STROKE:
 

Ingat 3 langkahnya yaitu, STR menolong orang yang terkena gangguan stroke
Terkadang tanda stroke sulit untuk di identifikasi. Tidak mengetahui hal ini bisa berakibat fatal. Korban stroke dapat mengalami kerusakan otak yang besar ketika orang di dekatnya gagal dalam mengindentifikasi tanda-tanda sebuah stroke. Menurut dokter orang biasa dapat mengenal serangan stroke dengan 3 pertanyaan simple di bawah ini:

  1. S = Minta orang tersebut untuk SMILE (Senyum). 
  2. T = TALK Minta orang tersebut untuk bicara kalimat yang mudah (secara langsung) contoh : Hari ini sangat cerah. 
  3. R = Minta dia untuk RAISE BOTH ARMS (Angkat kedua tangannya).

Jika orang tersebut kesulitan dalam melakukan salah satu dari pertanyaan  diatas, segera panggil ambulance atau membawanya ke dokter ahli syaraf. (ingat ketika kita membawanya ke dokter harus dengan hati-hati karena jika kita tidak paham bisa mengakibatkan penderita menjadi lebih fatal, jika dibandingkan oleh yang ahli atau paham dengan penderita stoke)

CATATAN:

Tanda lain dari sebuah stroke adalah :
  1. Minta orang tersebut untuk menjulurkan lidahnya. 
  2. Jika lidah tersebut bengkok, atau jika lidah tersebut terjulur ke satu sisi atau lainnya maka ini adalah tanda-tanda sebuah stroke.

Seorang cardiologist berkata bahwa jika setiap orang yang membaca status ini dan men-SHARE kepada teman-temanya maka Anda bisa yakin bahwa akan ada setidaknya satu nyawa terselamatkan.

No comments:

Post a Comment

SILAHKAN KIRIMKAN KOMENTAR ANDA YANG SOPAN, TIDAK MENGANDUNG UNSUR SARA DAN PORNOGRAFI, TUNJUKKAN JATIDIRI ANDA SEBAGAI PRIBADI YANG MEMILIKI ETIKA DAN HARGA DIRI, SEBAGAI WUJUD KEPEDULIAN TERHADAP BANGSA INI

Note: only a member of this blog may post a comment.